Skip to main content

fisika kelas xii tentang gelombang sifat interferensi

kali ini saya ingin nge-posting tentang gelombang, khususnya tentang sifat gelombang (cahaya) yang disebut Interferensi dan difraksi..
saya ngeposting ini karna saya baru ngerti tentang bab ini, setelah saya minjam buku fisika "sakti" (menurut saya) di perpustakaan sekolah saya, dan saya ingin membagikannya pada kamu yang sedang baca postingan saya ini,,,
okey langsung mulai saja. yang pertama ditekankan pada bab ini ialah "RUMUSNYA". sampai saya tulis huruf kapital begini, karna ini adalah pengalaman saya sebelum2 nya.
 tp emang klo fisika itu emang di hafalin rumus2nya juga sih... hehehe
yaudah langsung saya kasih rumusnya
1. Interferensi
 interferensi cahaya MELALUI CELAH GANDA
 jika interferensi maksimum itu akan menghasilkan garis terang. (ingat : maks = terang)

dan untuk interferensi minimum akan menghasilkan garis gelap. (ingat : min = gelap)
contoh soal
dua celah sempit berjarak 0,6 mm. cahaya yang monokromatik didatangkan pada celah sehingga pada layar terang yang berjarak 1,2 m dari celah terjadi interferensi. interferensi minimum kedua berjarak 3 mm dari interferensi maksimum terang pusat. hitung panjang gelombang
jawab :
 pertama kita harus mengidentifikasi soal, kita harus mengerti apa yang di ketahui dalam soal sebelum memasukan ke rumus
di situ ada d = 0,6 mm lalu L = 1,2 m dan y ke 2 (jarak gelap ke 2 ke terang pusat) = 3 mm (di ubah ke dalam meter semua)
lalu masukan ke rumus dan yang di pake adalah rumus interferensi minimum karna yang di ketahui dalam soal secara jelas adalah interferensi minimum

trik cepat :
klo soal nya pg dan di abc nya angkanya sama semua, tapi pangkat 10 nya beda2, kita tinggal cari aja perubahan satuan nya yang diketahui dalam soal. angka2 utama nya ga usah di hitung.
tapi klo angka nya beda2 tapi pangkat nya sama semua kita abaikan saja perubahan satuan nya yang ada dalam soal
misalnya pg nya seperti ini
a. 2,54 x 10^-6
b.2,54 x 10^-5
c.2,54 x 10^-7
d.2,54 x 10^-8
e.2,54 x 10^-9
tinggal cari aja perubahan satuan nya lalu masukan ke rumus
klo seperti ini
a.3,21 x 10^-7
b.2,45 x 10^-7
c.5,12 x 10^-7
d. 4,33 x 10^-7
e. 1,34  x 10^-7
perubahan satuannya diabaikan

Comments