Skip to main content

Penerapan dan pemanfaatan sifat muai zat


Pada umumnya, baik zat padat, zat cair, maupun zat gas akan memuai jika dipanaskan. Sifat memuai zat dapat menimbulkan masalah bagi kehidupan manusia. Setelah kita mengetahui sifat muai zat, kita dapat melakukan tindakan untuk mencegah kerugianyang timbul akibat sifat muai zat tersebut. Berikut ini beberapa masalah sehari-hari akibat pemuaian serta cara mencegah dan mengatasinya,
        
  • Pemasangan Rel Kereta
 Sambungan dua batang rel kereta selalu diberi celah. Hal ini dimaksudkan agar jika rel memuai, rel kereta tidak menjadi bengkok. Ketika suhu panas siang hari, batang rel yang terbuat dari besi akan memuai. Celah yang disediakan pun terkadang tidak menyediakan cukup ruang bagi pemuaian besi. Oleh karena itu saat ini rel didesain berujung runcing dan di pasang salin bertautan untuk menghindari rusaknya rel akibat pemuaian.

  •   Pemasangan Kaca Jendela 
Kaca pada jendela atau pintu rumah dipasang tidak rapat pada kayu bingkainya. Pemasangan kaca yang menyisahkan celah ini untuk menyediakan ruang saat kaca atau kayu binkainya memuai. Jika dipasang terlau rapat dan tidak memperhitungkan bahwa kaca akan memuai ketika terkena panas, kaca dapat pecah. Karena sifat muai kaca ini, maka dianjurkan agar pemilik mobil tidak menutup kaca terlalu rapat jika mobil diparkir dibawah terik matahari dalam waktu yang lama.
  • Celah Pada kontruksi Jembatan 

Pada jembatan panjang dari logam, harus diberi celah pada ujungnya, untuk memberi ruang pemuaian. Untuk memudahkan gerak logam saat pemuaian maka ujung jembatan logam yang dibiarkan memuai di topang roda agar ujung ini bisa bergerak leluasa waktu memuai.
 
  • Pemasangan Kawat Telpon dan Kawat Listrik
Kawat telpon dan kawat listrik sengaja dibuat kendur pada hari panas. Hal ini dilakukan untuk menghindari putusnya kawat pada hari dingin akibat penyusutan.
  • Pemasangan Roda Ban Baja Sebuah Lokomotif
Ban baja yang berukuran  sedikit lebih kecil dari roda dipanaskan. Akibatnya volume ban baja bertambah (memuai) dan roda dapat dipasang pada ban. Ketika ban baja mendingin, volume ban menyusut sehingga ban mencengkram roda dengan kuat.
  • membuka tutup botol
Tutup botol terbuat dari logam kadang sukar dibuka. Untuk memudahkan membuka tutup botol tersebut, tutup botol disiram dengan air panas (atau dicelupkan tutup botol kedalam air panas). Setelah terkena panas tutup botol akan memuai sehingga tutup botol dapat dibuka dengan mudah. Hal ini terjadi karena pemuaian logam lebih besar daripada pemuaian kaca.
  • bimetal 
Bimetal adalah dua keping logam yang dikeling atu disatukan menjadi satu. Biasanya logam yang digunakan adri invar dan perunggu. Bimetal sangat peka terhadap perubahan suhu. Jika dipanaskan bimetal koefisien muai panjang nya lebih besar melengkung kearah koefisien muai panjang nya lebih kecil






                             












 




      





 

Comments

Hahaha! Your blog safe me, Mamen.
Barusan saya kesel banget karena botol selai stroberi saya ndak bisa dibuka oleh tangan kanan maupun tangan kiri saya. Keseeeeeel banget! Rasanya sampe botolnya pengen saya cungkil ato banting hahaha. Tapi sebelum melakukannya, saya nyoba nyari tahu bagaimana cara mencopot tutup botol tanpa membuat keributan lebih banyak lagi. Dan nemu dah blog ini.

Dude, physics is GREAT! Sekarang saya bisa membuka tutup botol selai saya dan menikmati roti selai stroberi dengan senyum puas ^w^.
Sankyuu~~

Your blog is nice, I give full score if you change that ridiculous Comic Sans into more respectable font. Comic Sans is for comic IMHO. Just my two cents though.